Rabu, 12 Oktober 2016

Cara Belajar Gitar Dengan Mudah Untuk Para Pemula

assalamualaikum wr.wb
                salam sejahtera untuk kita semua. Sebelum belajar bermain gitar mari kita kenali alat musik nya terlebih dahulu yaitu gitar. Gitar  adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.
            Gitar akustik, dengan bagian badannya yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar akustik senar-nilon, gitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.
       Gitar elektrik, diperkenalkan pada tahun 1930an, bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop.
           Kata ‘gitar’ atau guitar dalam bahasa Inggris, pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar. Alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur Persia dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa Romawi (Bellow, 1970:54-55). Pada tahun 476M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi: (1) guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi, dan (2) Guitarra Latina untuk memainkan akor. Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan al ud ke Spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi al ud Arab dan kedua model gitar dari Romawi tersebut, bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut vihuela. Sebagai hasilnya, vihuela menjadi populer di Spanyol sementara alat-alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan. Walaupun demikian al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas vihuela di Spanyol. Di Eropa al ud disambut dengan baik dan berkembang menjadi berbagai model lute Eropa hingga kira-kira akhir abad ke-17. Sementara itu vihuela berkembang terus menjadi berbagai macam gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik yang digunakan pada saat ini.
              Keaslian gitar tidak dapat dilihat dari keantikannya. Beberapa ahli merasa alat ini berasal dari benua Afrika, di mana banyak replika modern dalam bentuk kotak bulat seperti kulitkerang dengan Gut / benang benang sutera, di banyak daerah benua itu. Ahli lain menemukan alat ini dalam bentuk kaca di relief relief batu tua di zaman Asia Tengah dan Asia Kuno. Bahan pemikiran lain juga timbul dengan ditemukannya vas vas Yunani Kuno yang bercorak. Greek Strings mungkin adalah alat pertama yang dikatagorikan sebagai gitar. Gitar modern kemungkinan berakar dari gitar Spanyol, tetapi berbagai jenis gitar seperti instrumen instrumen yang kita bisa saksikan dilukisan lukisan pada zaman Medieval dan Renaiassance yang banyak terdapat diseluruh Eropa.
                Sekian sejarah dari alat musik gitar, kita lanjutkan pada tahap selanjutnya yaitu mengenal kunci gitar dasar untuk pemula. Berikut ini akan saya berikan gambar kunci dasar gitar beserta penjelasannya yang bisa anda pelajari tanpa perlu pembimbing lagi.

Gambar Kunci Gitar

Kunci A










Gambar kunci gitar pertama di atas adalah untuk kunci A. Jari telunjuk berada pada senar 4 kolom 2, kemudian jari tengah pada senar 3 kolom 2, dan jari manis pada senar 2 kolom 2. Untuk senar 6 tidak perlu ikut anda genjreng, namun senar 1 dan 5 perlu ikut dibunyikan.

Kunci Am










Jari telunjuk pada senar 2 kolom 1, jari tengah pada senar 4 kolom 2, dan jari manis pada senar 3 kolom 2. Sama seperti kunci A, senar 6 tidak perlu ikut dibunyikan namun senar 1 dan 5 ikut.

Kunci B









Gambar kunci gitar selanjutnya yaitu kunci B, kunci ini memang cukup rumit sehingga diperlukan kelenturan tangan anda. Posisi jarinya yaitu, jari telunjuk anda menekan senar No 1 dan 5 pada kolom 2 sehingga jari lurus, kemudian jari manis pada senar 4  kolom 3 dan jari kelingking pada senar 3 kolom 3. Untuk jari tengah sebaiknya digunakan untuk menutup senar 6 supaya tidak berbunyi.

Kunci Bm









Kunci Bm posisi jarinya hampir sama dengan kunci B, namun perbedaannya hanya terletak pada jari tengah. Kalau pada kunci B jari tengah digunakan untuk menutup senar 6, namun di kunci Bm jari tengah digunakan untuk menekan senar 2 kolom 2. Untuk senar 6 tetap tidak ikut dibunyikan.

Kunci C










Kunci C ini lebih mudah dibandingkan kunci B. Posisi jari telunjuk pada senar 2 kolom satu, jari tengah pada senar 4 kolom 2 dan jari manis pada senar 5 kolom 3. Senar yang tidak ikut dibunyikan hanya senar 6, yang lain ikut dibunyikan.

Kunci D











Sangat sederhana, jari telunjuk pada senar 3 kolom 2, selanjutnya jari tengah pada senar 1 kolom 2, dan jari manis pada senar 2 kolom 3. Senar 5 dan 6 tidak dibunyikan sedangkan senar 4 ikut dibunyikan karena terdapat nada D.

Kunci Dm










Sama seperti kunci D, hanya saja jari telunjuk pada kunci Dm digunakan untuk menekan senar 1 kolom 1. Senar yang dibunyikan pun juga masih sama seperti kunci D

Kunci E












Gambar kunci gitar yang perlu anda kuasai selanjutnya yaitu kunci E. Posisi jari telunjuk berada pada senar 3 kolom 1, jari tengah pada senar 5 kolom 2, dan jari manis pada senar 4 kolom 2. Semua senar dapat dibunyikan.

Kunci Em










Pola kunci yang sangat mudah karena hanya membutuhkan dua jari anda untuk membentuknya. Hanya jari tengah pada senar 5 kolom 2 dan jari manis pada senar 4 kolom 2. Sama seperti kunci E, semua senar dapat dibunyikan.

Kunci F












Kunci F ini memang agak mirip dengan kunci C, kita lihat perbedaannya. Posisi jari telunjuk untuk menekan senar 1 dan 2 pada kolom 1, kemudian jari tengah pada senar 3 kolom 2 serta terakhir yaitu jari manis pada senar 4 kolom 3. Senar yang tidak dibunyikan hanya senar nomor 6.

Kunci G










Gambar kunci gitar dasar terakhir yaitu kunci G. Jari telunjuk berada pada senar 5 kolom 2, jari tengah pada senar 1 kolom 3 dan jari manis pada senar 6 kolom 3. Semua senar dapat anda bunyikan.
                
          Apakah anda mengerti dengan penjelasan diatas? Jika tidak tenang, saya saya telah menyiapkan tutorial dalam vidio berikut agar anda lebih mudah untuk belajar gitar.


                jika kalian sudah berlatih dan sudah faham dengan kunci dasar tersebut maka lanjutkan lah untuk belajar kunci gitar gantung. Dalam pembahasan kali ini saya akan memberikan vidio yang berisikan tutorial gitar lagu yang memakai kunci dasar dan anda bisa mempelajarinya, selamat belajar :D.


                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar